Rabu, 16 Juni 2010

Sydney Opera

Sydney Opera House

Sydney Opera House terletak di Sydney, New South Wales, Australia. Ia disusun dan dibangun oleh sebagian besar Denmark architect Jørn Utzon, yang pada tahun 2003 menerima Pritzker Prize, arsitektur tertinggi kehormatan.  sitiran dinyatakan "Tidak ada keraguan bahwa Sydney Opera House adalah karya. Ia adalah salah satu ikon besar bangunan dari abad ke-20, gambar yang besar kecantikan yang telah menjadi dikenal di seluruh dunia - yang merupakan simbol untuk tidak hanya satu kota, tetapi seluruh negara dan benua. "
Opera House yang dibuat UNESCO Situs Warisan Dunia pada tanggal 28 Juni 2007.  Ini adalah salah satu yang paling khas bangunan abad ke-20, dan salah satu yang paling terkenal pusat seni di dunia.

Sydney Opera House terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour, dekat dengan Sydney Harbour Bridge. Bertentangan dengan maksud dari nama tersebut, maka rumah multi-tempat pusat seni, daripada satu Opera teater. Serta hosting banyak wisata produksi dalam berbagai genre kinerja, Sydney Opera House merupakan tempat untuk memasang Opera Australia, The Australian Ballet, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony. It diselenggarakan oleh Sydney Opera House Trust, di bawah New South Wales Menteri Arts.
 
Sydney Opera House merupakan ekspresionis modern desain, dengan sejumlah besar yg dibuat di pabrik beton 'kerang',  masing-masing yang diambil dari belahan bumi yang sama radius, membentuk atap dari struktur, mengaktifkan monumental podium. Bangunan mencakup 1,8 hektar (4.5 acres) tanah, dan 183 meter (605 ft) dan panjang sekitar 120 meter (388 ft) dengan lebar luas titik. Didukung 588 pada beton Piers terselam sampai dengan 25 meter di bawah permukaan laut. Listrik yang sama untuk kota 25.000 orang. Kuasa didistribusikan oleh 645 kilometer dari kabel listrik.

Di atap rumah yang tercakup dalam halus dengan pola chevron 1056006 glossy matte putih dan krim Swedia-dibuat tegel,  meskipun dari jarak yang terlihat hanya tegel putih. Walaupun mereka sendiri pembersihan alam, mereka masih tergantung pada pemeliharaan dan penggantian periodik.

Concert Hall yang terdapat di sebelah barat kelompok kerang, Opera Theatre yang berada di grup timur. Skala yang dipilih adalah kerang internal untuk mencerminkan tingginya persyaratan, meningkat dari rendah masuk ruang, di atas area tempat duduk dan sampai ke tahap menara tinggi. Tempat-tempat yang kecil (Drama Teater, bar, dan The Studio) berada di bawah Concert Hall, sebagai bagian dari grup barat shell. J jauh lebih kecil dari kelompok kerang set ke satu sisi monumental Langkah tempat Bennelong Restaurant. Meskipun struktur atap dari Sydney Opera House yang umumnya disebut sebagai shell (seperti yang di artikel ini), mereka sebenarnya tidak kerang dalam arti struktural ketat, namun bukan yg dibuat di pabrik panel beton didukung oleh yg dibuat di pabrik beton ribs.

Selain dari genteng dari kerang, dan tabir dinding kaca dari ruang lobi, bangunan dari luar sangat telanjang dengan agregat panel terdiri dari granit quarried pink di Tarana. Signifikan permukaan interior perawatan juga termasuk off-bentuk konkrit, Australia putih Birch dari triplek disediakan Wauchope di utara New South Wales, dan sikat kotak glulam. 
 
The Concert Hall dan Grand Organ.
Sydney Opera House tempat berikut kinerja spasi:
The Concert Hall, dengan 2.679 kursi, adalah rumah dari Sydney Symphony, dan digunakan oleh sejumlah besar lainnya konser presenter. Berisi Sydney Opera House Grand Organ, yang terbesar adalah tindakan mekanis pelacak organ di dunia, dengan lebih dari 10.000 pipa.
The Opera Theatre, proscenium sebuah teater dengan 1.507 kursi, adalah rumah dari Sydney Opera Australia dan The Australian Ballet.
The Drama Theatre, proscenium sebuah teater dengan 544 kursi, digunakan oleh Perusahaan Teater Sydney dan presenter tari dan teater.
Di bar, yang akhir-tahap teater dengan 398 kursi.
The Studio, ruang yang fleksibel, dengan maksimum kapasitas 400 orang, tergantung pada konfigurasi. The Utzon Room, kecil multi-tempat tujuan, tempat duduk hingga 210. Ia adalah satu-satunya ruang interior telah dirancang oleh Utzon, yang telah direnovasi pada tahun 2004 di bawah arahan.
Di depan, yang fleksibel udara tempat terbuka dengan berbagai konfigurasi pilihan, termasuk memanfaatkan Langkah yang monumental sebagai tempat duduk penonton, digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat, Live Situs, dan kesempatan khusus-performance.

Daerah lain (misalnya di utara dan barat foyers) tersebut juga digunakan untuk kinerja pada dasar berkala. Bangunan rumah juga rekaman studio, lima restoran, empat toko suvenir, dan wisata operasi. Lokasi di Sydney Opera House tersebut juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti konferensi, upacara, dan fungsi sosial.

Perencanaan untuk Sydney Opera House dimulai pada akhir tahun 1940-an ketika Eugène Goossens, Direktur NSW State Conservatorium of Music, lobbied untuk tempat yang cocok untuk sandiwara besar produksinya. Normal seperti tempat produksi, Sydney Town Hall, yang tidak dianggap cukup besar. By 1954, Goossens berhasil mendapatkan dukungan dari Premier NSW Cahill Yusuf, yang disebut untuk desain yang didedikasikan untuk gedung. Ia juga yang berkeras Goossens yang Bennelong Point menjadi situs dengan Opera House. Cahill yang ingin terlebih dahulu pada atau di dekat Stasiun Wynyard di utara-barat dari CBD.

Kompetisi oleh Cahill diluncurkan pada 13 September 1955 dan diterima total 233 masukan dari 32 negara. Kriteria yang ditentukan aula besar tempat duduk 3000 dan aula kecil untuk 1200 orang, masing-masing harus dirancang untuk berbagai menggunakan skala penuh termasuk opera, berhubung dgn orkes nyanyian untuk paduan suara dan konser, massa rapat, kuliah, balet performance presentasi dan lainnya. Pemenang , mengumumkan di tahun 1957, telah Jørn Utzon, Denmark seorang arsitek. Hadiah adalah £ 5000. Utzon dikunjungi di Sydney di tahun 1957 untuk membantu mengawasi proyek . Nya kantor pindah ke Sydney pada Februari 1963. 
 
Konstruksi berlangsung pada tahun 1968
Fort Macquarie tram Depot, menempati situs pada saat rencana tersebut, telah dibongkar pada tahun 1958, dan pembangunan resmi Opera House dimulai pada Maret, 1959. Proyek ini dibangun dalam tiga tahapan. Tahap I (1959-1963) bangunan yang terdiri dari atas mimbar. Tahap II (1963-1967) melihat pembangunan yang luar kerang. Tahap III terdiri dari desain interior dan konstruksi (1967-73). 

Tahap I dimulai pada tanggal 5 Desember 1958, oleh perusahaan konstruksi Sipil & Sipil, diawasi oleh insinyur, Ove arup dan Mitra. Telah mendorong pemerintah untuk bekerja untuk mulai awal yang takut pendanaan, atau opini publik, mungkin akan berbalik melawan mereka. Namun Utzon yang masih belum selesai pada akhir desain. Struktural utama masalah masih tetap belum diselesaikan (terutama pada Layar yang masih Parabolic pada saat itu). 23 Januari 1961, telah bekerja 47 bulan berjalan di belakang , terutama karena kesulitan tak terduga (cuaca dingin, mendadak kesulitan alih stormwater, konstruksi awal sebelum benar konstruksi gambar sudah disiapkan, perubahan kontrak dokumen asli). Bekerja di podium itu akhirnya selesai pada tanggal 31 Agustus 1962. Yang terpaksa mulai awal nanti signifikan menyebabkan masalah, tidak sedikit dari yang merupakan kenyataan bahwa podium kolom tidak cukup kuat untuk mendukung struktur atap, dan harus dibangun kembali.  
 
Sydney Opera House shell ribs.
Kerang di kompetisi yang masuk pada awalnya dari undefined geometri,  namun pada awal proses desain yang "shell" yang dianggap sebagai rangkaian parabolas didukung oleh beton ribs yg dibuat di pabrik. Namun, teknisi Ove arup mitra dan tidak dapat menemukan solusi untuk membangun mereka. The formwork untuk menggunakan in-situ beton telah prohibitively akan mahal, tetapi karena tidak ada pengulangan di atas atap bentuk pembangunan yg dibuat di pabrik beton untuk setiap bagian mungkin akan menjadi lebih mahal.

Dari 1957 ke 1963 desain tim pergi melalui setidaknya dua belas Iterasi dari bentuk kerang mencoba untuk menemukan sebuah bentuk yang dapat diterima secara ekonomis (termasuk skema dengan parabolas, circular ribs dan ellipsoids) sebelum sebuah solusi telah selesai dikerjakan. Desain bekerja di salah satu kerang terlibat paling awal menggunakan komputer dalam analisis struktural dalam rangka untuk memahami kekuatan yang kompleks kerang akan terganggu.  Pada pertengahan 1961-desain tim menemukan solusi untuk masalah: the shells semua yang dibuat sebagai bagian dari sphere. Solusi ini memungkinkan arches dari berbagai panjang akan dilemparkan ke dalam cetakan yang umum, dan sejumlah segmen arch umum panjang untuk ditempatkan berdekatan untuk membentuk sebuah bagian bulat. Dengan solusi yang tepat ini berasal telah subyek beberapa kontroversi. Ia awalnya dikreditkan ke Utzon. Ove arup dari huruf ke Ashworth, anggota Sydney Opera House Eksekutif Komite, menyatakan: "Utzon datang dengan ide pembuatan semua kerang yang seragam di seluruh lekukan di kedua arah." Peter Jones, pengarang Ove arup's biografi, menyatakan bahwa "arsitek dan pendukung sama-sama diklaim untuk mengambil momen yang tepat eureka , yang ahli dan beberapa asosiasi mereka, dengan keyakinan sama, ingat diskusi di kedua pusat di London dan rumah Ove".
 Sydney Opera House dari depan.
Dia pergi untuk menyatakan bahwa "bukti yang ada menunjukkan bahwa arup canvassed dari beberapa kemungkinan untuk geometri dari kerang, dari parabolas ke ellipsoids dan spheres." Yuzo Mikami, anggota tim desain, menyajikan sebuah berlawanan dalam melihat buku pada proyek, Utzon's Sphere. Adalah tidak mungkin bahwa kebenaran pasti akan akan pernah diketahui, tetapi ada konsensus yang jelas desain tim bekerja dengan baik untuk pertama memang bagian dari proyek dan Utzon, arup, dan Ronald Jenkins (mitra Ove arup Mitra dan bertanggung jawab atas proyek Opera House) semua bermain yang sangat penting dalam pengembangan desain.

Peter Murray sebagai negara di Saga dari Sydney Opera House : "... dua laki-laki - dan mereka tim - menikmati sebuah kolaborasi yang luar biasa dalam keberhasilan dan, walaupun banyak traumas, telah dilihat oleh sebagian besar dari mereka yang terlibat dalam proyek sebagai titik yang tinggi dari arsitek / insinyur kolaborasi. "

Kerang yang dibangun oleh Hornibrook Group Pty Ltd , yang juga bertanggung jawab untuk pembangunan di Tahap III. Hornibrook diproduksi pada 2400 dan 4000 yg dibuat di pabrik ribs atap panel di-site di pabrik, dan juga mengembangkan proses konstruksi.  Prestasi ini solusi yang perlu dihindari untuk mahal formwork konstruksi oleh memungkinkan penggunaan yg dibuat di pabrik unit (ini juga boleh atap tegel yang akan prafabrik di lembar di lapangan, bukan yang terjebak pada individu di ketinggian). Ove arup dan Mitra 'situs insinyur diawasi konstruksi dari kerang yang digunakan yang inovatif adjustable baja Ikatan' pemancangan arch 'untuk mendukung berbagai atap sebelum selesai. Pada tanggal 6 April 1962 ini diperkirakan bahwa Opera House akan selesai antara Agustus 1964 dan Maret 1965. Hingga akhir 1965, yang diperkirakan selesai untuk tahap II Juli 1967.  

Tahap III, dengan interior, mulai dengan Utzon seluruh kantor dia pindah ke Sydney pada Februari 1963. Namun, ada satu perubahan pemerintah di tahun 1965, dan baru Robert askin pemerintah menyatakan proyek di bawah yurisdiksi Departemen Pekerjaan Umum. Hal ini akhirnya menyebabkan Utzon berhenti pada tahun 1966 .

Biaya proyek selama ini, bahkan pada Oktober 1966, masih hanya $ 22,9 juta , kurang dari seperempat dari akhir $ 102 juta biaya. Namun biaya yang diproyeksikan untuk desain yang pada tahap ini jauh lebih signifikan.

Kedua tahap konstruksi telah selesai ketika maju menuju Utzon diri. Prinsipnya adalah posisi nya diambil alih oleh Peter Hall, yang menjadi tanggung jawab besar untuk desain interior. Ditunjuk orang lain pada tahun yang sama untuk menggantikan Utzon adalah EH Petani pemerintah sebagai arsitek, DS Littlemore dan Lionel Todd.

Berikut Utzon berhenti, akustik penasihat, Lothar Cremer, dikonfirmasi ke SOHEC yang Utzon asli akustik desain hanya diizinkan untuk 2000 kursi di ruang utama, dan lebih lanjut menyatakan bahwa meningkatnya jumlah kursi ke 3000 sebagaimana ditentukan dalam singkat akan menimbulkan malapetaka bagi akustik. Menurut Peter Jones, stage designer, Martin Carr, kritik yang "bentuk, tinggi dan lebar stage, fasilitas fisik bagi para seniman, lokasi dari kamar rias, yang widths dari pintu dan lift, dan lokasi pencahayaan switchboards ".

Perubahan signifikan untuk desain setelah Utzon kiri adalah:
The cladding ke podium dan paving (mimbar yang pada awalnya tidak boleh berpakaian ke bawah air, tetapi harus dibiarkan terbuka).  Pembangunan di dinding kaca (Utzon telah merencanakan untuk menggunakan sistem prafabrik triplek mullions, namun yang berbeda adalah sistem yang dirancang untuk berurusan dengan kaca).
Ruang utama yang pada awalnya menjadi opera serbaguna / ruang konser, menjadi hanya sebuah ruang konser, disebut Concert Hall. Di aula kecil, awalnya hanya untuk tahap produksi, yang telah ditambahkan fungsi opera dan balet untuk menangani dan dinamakan Opera Theatre. Akibatnya, "Opera Teater" yang memadai untuk skala besar tahap opera dan balet.  teater, bioskop dan perpustakaan juga ditambahkan. Ini yang kemudian diubah menjadi tinggal dua drama teater dan teater yang lebih kecil 'di sepanjang'. Sekarang ini terdiri Komedi Teater, di bar, dan Studio masing-masing. Perubahan itu terutama karena inadequacies di awal kompetisi singkat, yang tidak membuatnya cukup jelas bagaimana Opera House adalah untuk digunakan. Tata letak interior yang telah diubah dan stage mesin, sudah dirancang dan dipasang di dalam ruang utama, telah dicabut dan sebagian besar dibuang.
Utzon dari triplek koridor desain, dan tempat duduk akustik dan desain interior untuk kedua ruang utama, yang scrapped sepenuhnya.  desain untuk Concert Hall ditolak karena hanya duduk 2000, yang dianggap kurang.  Utzon bekerja akustik konsultan Lothar Cremer, dan desain untuk ruang yang besar nanti dan menemukan model yang akan sangat baik.  yang kemudian Todd, Hall dan Littlemore versi kedua ruang utama ada beberapa masalah dengan akustik, terutama untuk melakukan musisi. Lubang di orkestra di Opera Theatre yang sempit dan membahayakan musisi 'pendengaran.  Concert Hall yang memiliki atap yang sangat tinggi terkemuka kurangnya awal di atas pentas reflections - perspex cincin (the "acoustic awan") tergantung di atas panggung yang ditambahkan sesaat sebelum membuka dalam (gagal) mencoba untuk masalah ini.

Opera House yang secara resmi telah selesai pada tahun 1973, dengan biaya $ 102 juta . HR 'Sam' Hoare, yang berkuasa Hornibrook direktur dari proyek, berikut approximations diberikan pada tahun 1973: Tahap I: mimbar Sipil & Sipil Pty Ltd sekitar $ 5.5m. Tahap II: atap kerang MR Hornibrook (NSW) Pty Ltd sekitar $ 12.5m. Tahap III: The selesai Hornibrook Group $ 56.5m. Kontrak terpisah: peralatan panggung, lampu panggung dan organ $ 9.0m. Biaya-biaya lainnya $ 16.5m. Perkiraan biaya awal di tahun 1957 adalah £ 3.500.000 ($ 7 juta).Asli selesai tanggal yang ditetapkan oleh pemerintah adalah 26 Januari 1963 (Australia Day) 
Frank Gehry - arsitek dan anggota juri Pritzker Prize 2003 "Utzon membuat bangunan baik dari waktu ke depan, jauh ke depan teknologi yang tersedia, dan dia luar biasa berbahaya melalui persevered publisitas negatif dan kritikan untuk membangun sebuah bangunan yang mengubah gambar yang seluruh negara. Ini merupakan pertama kalinya dalam hidup kita yang menjadi bagian dari epos arsitektur seperti ikut serta keberadaan universal. "

Sebelum Sydney Opera House kompetisi, Jørn Utzon telah memenangkan tujuh dari delapan belas dia masuk kompetisi, tapi tidak pernah melihat salah satu dari desain yang dibangun.  Utzon dari konsep yang diajukan untuk Teater hampir universal penghargaan dan dianggap groundbreaking. Laporan penilai pada Januari 1957, dinyatakan: "gambar yang diajukan untuk program ini adalah sederhana to the point of being dgn pendek. Namun demikian, karena kami telah kembali dan kembali lagi ke ilmu gambar ini, kami yakin bahwa mereka memberikan konsep yang Opera House yang mampu menjadi salah satu bangunan besar di dunia. "

Untuk tahap awal proyek Utzon bekerja sangat berhasil dengan sisa desain tim dan klien, tetapi sebagai proyek yang progressed Cahill pemerintah berkeras pada progresif revisi. Mereka juga tidak sepenuhnya menghargai biaya bekerja atau terlibat dalam desain dan konstruksi. Ketegangan antara klien dan desain tim tumbuh lebih awal bila mulai konstruksi meskipun telah meminta desain yang tidak lengkap. Ini terus menghasilkan serangkaian penundaan sementara kemunduran dan berbagai masalah teknis rekayasa sedang halus. Bangunan yang unik, dan masalah dengan masalah desain, dan biaya meningkat, yang kian diperparah oleh permulaan pekerjaan selesai sebelum akhir rencana.

Setelah pemilihan dari askin pemerintah di tahun 1965 hubungan klien, arsitek, insinyur dan kontraktor menjadi semakin tegang. Askin yang telah 'pengecam vokal dari proyek sebelum mendapatkan kantor. baru-Nya Menteri Pekerjaan Umum, Davis Hughes, bahkan kurang simpatik. Elizabeth Farrelly, Australia arsitektur kritik yang telah menulis "di sebuah pesta makan malam pemilihan di Mosman, Hughes's daughter Sue Burgoyne boasted bahwa ayahnya akan segera Utzon karung. Hughes tidak memiliki kepentingan dalam seni, arsitektur atau estetika. J penipuan, serta musuh, dia telah terkena sebelum Parlemen dan terdampar sebagai pemimpin Negara Pihak untuk 19 tahun palsu mengklaim gelar sarjana. Opera House yang memberikan kesempatan kedua Hughes. Untuk itu, karena untuk Utzon, itu semua tentang kontrol, tentang kejayaan homegrown sedang asing atas genius.  "

Perbedaan ensued. Salah satu yang pertama adalah percaya Utzon klien akan menerima informasi tentang semua aspek desain dan konstruksi melalui praktek, sementara klien menginginkan sebuah sistem (terutama disusun dalam bentuk sketsa oleh Davis Hughes, di mana arsitek, kontraktor, dan insinyur melaporkan setiap secara langsung kepada klien, dan secara terpisah. ini memiliki implikasi besar untuk pengadaan dan metode pengendalian biaya, dengan Utzon ingin negosiasi kontrak dengan pemasok yang dipilih (seperti Ralph Symonds untuk kayu lapis interior), dan New South Wales insisting kontrak pemerintah telah menerbitkan untuk tender.

Utzon yang sangat enggan untuk menanggapi pertanyaan atau kritikan dari klien "Sydney Opera House Komite Eksekutif" (SOHEC).  Namun dia sangat didukung oleh seluruh anggota komite dan salah satu dari awal kompetisi hakim, Profesor Harry Ingham Ashworth. Utzon itu tidak mau kompromi pada beberapa aspek desain bahwa ia ingin mengubah klien.

Utzon kemampuan tidak pernah ragu, walaupun pertanyaan yang dibangkitkan oleh Davis Hughes, yang berusaha untuk memerankan Utzon sebagai praktis dreamer. Ove arup Utzon menyatakan bahwa sebenarnya adalah "mungkin yang terbaik dari setiap Aku datang di dalam pengalaman lama bekerja sama dengan arsitek", dan mengatakan: "Opera House bisa menjadi terkemuka di dunia kontemporer karya Utzon diberikan jika kepalanya. "
Pada bulan Oktober 1965, Utzon Hughes memberikan pengaturan jadwal keluar dari tanggal selesainya bagian dari karyanya untuk tahap III.  Utzon yang saat ini bekerja sama dengan Ralph Symonds, produsen kayu lapis yang berbasis di Sydney dan sangat dianggap oleh banyak , meskipun sebuah mesin arup peringatan bahwa Ralph Symonds "pengetahuan tentang desain tekanan dari kayu lapis, adalah sangat sederhana" dan bahwa saran teknis adalah "dasar untuk sedikitnya dan benar-benar berguna untuk tujuan kita". Australia arsitektur kritik, Elizabeth Farrelly, telah dirujuk ke Ove arup proyek insinyur Michael Lewis memiliki "agenda lain" . In any case, Hughes segera setelah withheld izin untuk pembangunan prototip triplek untuk interior , dan hubungan antara klien Utzon dan tidak pernah kembali. Februari 1966 oleh Utzon adalah owed lebih dari $ 100.000 dalam biaya . Hughes kemudian withheld pendanaan sehingga Utzon bahkan tidak dapat membayar sendiri staf. Pemerintah menit berikut beberapa catatan bahwa ancaman dari diri, akhirnya dinyatakan Utzon ke Davis Hughes: "Jika anda tidak melakukannya, saya mengundurkan diri". Hughes menjawab: "Saya menerima diri Anda. Terima kasih banyak. Goodbye."
Utzon meninggalkan proyek pada tanggal 28 Februari 1966. Dia mengatakan bahwa Hughes' Utzon penolakan untuk membayar biaya dan kurangnya kerjasama disebabkan diri-Nya, dan kemudian baik sekali menggambarkan situasi sebagai "Malice di Blunderland". Pada Maret 1966, Hughes yang ditawarkan seorang bawahan perannya sebagai 'desain arsitek' di bawah panel eksekutif arsitek, tanpa pengawasan atas kekuasaan dari konstruksi rumah, namun ditolak Utzon ini.

Setelah pengunduran diri, terdapat banyak kontroversi tentang siapa yang berada di sebelah kanan dan yang berada di salah. Sydney Morning Herald melaporkan awalnya: "Tidak arsitek di seluruh dunia telah menikmati kebebasan lebih besar daripada Utzon Mr. Beberapa klien telah lebih pasien atau lebih murah dibandingkan dengan masyarakat dan Pemerintah NSW. Satu tidak akan seperti sejarah mencatat bahwa ini adalah kemitraan dibawa ke sebuah akhir yang sesuai dengan keadaan marah pada satu sisi atau dari semaput kecendalaan pada yang lain. " Dan pada tanggal 17 Maret 1966 ia melaporkan: "Itu bukan kesalahan yang dia suksesi dari Pemerintah dan Opera House Trust harus jadi luar biasa telah gagal untuk mengenakan apapun kontrol atau rangka pada proyek nya .... konsep itu keberanian dia sendiri yang bisa memecahkan masalah hanya dengan langkah demi langkah .... desakan pada kesempurnaan-Nya memimpin dia untuk merubah nya sebagai desain dia pergi bersama. "

Namun dalam artikel di Harvard Design Magazine pada tahun 2005 , profesor Bent Flyvbjerg catatan bahwa Utzon jatuh korban ke lowballed konstruksi politik anggaran, yang akhirnya menghasilkan biaya mengerumuni persen dari 1400. Yang mengerumuni dan berikut skandal yang dibuat disimpan Utzon dari bangunan lebih masterpieces. Ini, menurut Flyvbjerg, yang sebenarnya adalah biaya Sydney Opera House: "Utzon adalah tiga puluh delapan ketika ia memenangkan kompetisi untuk Opera House - bagaimana pekerjaan yang telah matang master memperkaya kehidupan kita? Kami tidak akan pernah tahu. That's the Sydney harga tinggi telah dikenakan oleh ketidakmampuan dalam membangun Opera House. "

Sydney Opera House membuka jalan bagi yang sangat kompleks geometries beberapa arsitektur modern. Desain adalah salah satu contoh penggunaan analisis komputer untuk merancang bentuk kompleks. Desain teknik yang dikembangkan oleh Utzon dan untuk arup Sydney Opera House telah dikembangkan lebih lanjut dan kini digunakan untuk arsitektur seperti karya Gehry dan "blobitecture", serta paling kuatkan struktur beton. Rancangan ini juga salah satu yang pertama di dunia yang menggunakan lem araldite ke elemen struktural yg dibuat di pabrik yang sama, dan membuktikan konsep untuk masa depan.
Opera House yang juga merupakan pertama di mechanical engineering. Denmark perusahaan lain, Steensen Varming, bertanggung jawab untuk merancang udara tanaman baru, yang terbesar di Australia pada saat itu, menyediakan lebih dari 600.000 kaki kubik (17.000 m3) dari udara per menit  dengan menggunakan ide inovatif dari harnessing di pelabuhan air untuk membuat pompa air panas didinginkan sistem yang masih dalam operasi hari ini
 Lettering collectible emas di Sydney Opera House anggur, sebuah Riesling.

Opera House yang telah resmi dibuka oleh Elizabeth II, Ratu Australia, pada 20 Oktober 1973, yang sebagian besar dihadiri keramaian. Arsitek, Jørn Utzon, tidak diundang ke upacara, yang namanya tidak disebutkan. Yang telah membuka televised dan termasuk kembang api dan kinerja Beethoven's Symphony No 9.

Sebelum membuka, dua performances telah terjadi di gedung selesai. Pada tanggal 28 September, sebuah performa Sergei Prokofiev's opera Perang dan Perdamaian telah dikemukakan di Opera Theatre. Pada tanggal 29 September, publik pertama konser di Concert Hall berlangsung. Seorang semua Wagner-konser, yang dilakukan oleh Sydney Symphony, dilakukan oleh Charles Mackerras dan mendampingi dengan singer Birgit Nilsson. Lieder pertama pertunjukan juga diberikan oleh Birgit Nilsson, didampingi oleh Geoffrey Parsons, pada 6 Oktober. Yang pertama biola dan piano pertunjukan yang diberikan oleh Wanda Wiłkomirska, juga dengan Geoffrey Parsons.

                                                                                                                                                                                                         Selama pembangunan Opera House, sejumlah lunchtime performances diadakan untuk pekerja, dengan Paul Robeson pertama artis untuk tampil di (yang belum selesai) Opera House di tahun 1960. 

Awal pada akhir tahun 1990-an, Sydney Opera House Trust mulai untuk berkomunikasi dengan Jørn Utzon dalam upaya untuk rekonsiliasi yang berlaku, dan aman kepada masyarakat di masa depan berubah menjadi bangunan. Pada tahun 1999 ia diangkat oleh Trust sebagai konsultan desain untuk bekerja.  Pada tahun 2004, yang pertama dibangun untuk interior ruang yang dibuka Utzon desain, dan nama "The Utzon Kamar" dalam kehormatan.  Pada bulan April 2007, ia diusulkan utama rekonstruksi di Opera Theatre.  Utzon meninggal pada tanggal 29 November 2008.
  
Karya baru yang terinspirasi oleh Sydney Opera House

Pada tahun 1993 telah meminta Constantine Koukias oleh Sydney Opera House Trust berkaitan dengan REM Teater untuk menenangkan Ikon, besar-besaran musik teater untuk potong 20. Anniversary dari Sydney Opera House.

Protes anti-perang

Pada tanggal 18 Maret 2003, Dr Will Saunders, yang Britania Raya, dan David Burgess, Australia, salah satu skala Layar dari Opera rumah lukis dan kata-kata 'NO WAR' menonjol dalam huruf merah sebagai ekspresi mereka keberatan kepada maka - diusulkan keterlibatan pasukan Australia dalam konflik di Irak. Dilukis pesan yang telah dihapus oleh pekerja pemeliharaan hari berikutnya. Keamanan bagi Opera House yang kemudian lebih ditingkatkan untuk mencegah akses tidak sah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar