Kamis, 01 Juli 2010

Wujud Cinta Arsitek FRANK LLOYD WRIGHT

Wujud Cinta Arsitek FRANK LLOYD WRIGHT


Fallingwater House
Fallingwater House








F.L.Wright

F.L.Wright







( trendsetter, karya spektakuler dan karir seumur hidup )

oleh : A. Savitri
dimuat di Kiprah, edisi 20 / 2007
“Love of an idea, is the love of God”, terukir manis di nisannya di Wisconsin. Betapa dalam cinta Frank kepada Tuhan sehingga perlu berpesan demikian. Tuhankah yang selama ini ia tuju dalam seluruh pencarian, adikarya dan dedikasinya di dunia arsitektur ? Mestinya kita mengiyakan, karena apapun yang kita lakukan di dunia akan berpulang kepada-Nya jua. Di bidang arsitektur, Wright sudah memberi teladan.
Siapa sih dia ? Wright adalah arsitek legendaris kelas dunia. Pengaruhnya sampai Indonesia dan menjadi panutan sebagian arsitek yang merancang desain rumah kita. Karir Wright bertahan ¾ abad, tak tertandingi dalam output-nya. Bayangkan, sekitar 500 desainnya berhasil dibangun, tersebar di lebih 37 negara/ lokasi, diantaranya di Irak, Jepang, Kanada, Mesir, Inggris selain di Amerika sendiri, yang bagai museum terbuka yang sangat luas bagi seni Frank Lloyd Wright. Wright seorang seniman produktif yang imaginasinya berlanjut melebihi masa panjang karirnya. Tak berlebihan jika Wright di sebut arsitek sepanjang masa.
Wright bisa punya nama besar karena ia contoh langka, arsitek yang lengkap. Selain bekerja sebagai praktisi, Wright terlibat dalam beberapa komisi pembangunan. Wright juga seorang akademisi dan ilmuwan. Wright memberi ceramah, menulis dan mempublikasikan beberapa buku arsitektur termasuk otobiografi tahun 1932. Ia mendirikan dan menjalankan sekolah yang sukses melatih banyak arsitek. Wright sekaligus seorang desainer interior andal, yang mengolah sampai ke detail kecil ruang interior, termasuk furniture, seni kaca, dan aspek lain. Luar biasa rentang kemampuannya, bukan ?
WRIGHT DAN PROSES PEMBELAJARAN
Frank Lloyd Wright, putra pasangan seniman ahli kitab dan ibu guru, lahir di Wisconsin, 8 Juni 1867. Gambar bangunan keren yang dipasang ibunya di kamar Frank kecil dulu, ternyata menjadi momen awal ketertarikan Wright pada profesi arsitek. Wright lalu belajar singkat ilmu teknik sipil di University of Wisconsin di Madison. Ia kemudian pindah ke Chicago untuk bekerja setahun di firma arsitektur milik J. Lyman Silsbee. Tahun 1887, Wright menjadi drafter di perusahaan yang dimiliki dan dijalankan oleh Louis Sullivan ( desain ) dan Dankmar Adler ( engineering ), di saat perusahaan itu tengah merancang Chicago’s Auditorium Building. Wright akhirnya menjadi kepala drafter dan ketua bagian desain rumah.
Di bawah Sullivan, Wright mulai membangun gagasan arsitekturnya sendiri, mendesain rumah menurut seleranya, meski bertentangan dengan kebijakan sang bos. Waktu Sullivan memergoki rumah-rumah mbalelo ini, Wright kontan dipecat oleh perusahaan. Rumah-rumah inovasi ini sebetulnya menunjukkan awal prinsip Wright, seperti naungan garis atap, keunggulan perapian pusat dan “pembongkaran kotak” pada denah lantai yang kita kenal sekarang sebagai open plan.
Konsep open plan tokoh aliran Modern ini tampaknya diilhami padang rumput yang luas, terbuka di ladang pertanian milik paman-pamannya di Spring Green dimana Wright dibesarkan. Inovasi ini terbukti lebih mengakomodasi kebutuhan orang Amerika yang kian hari kian dinamis dan aktif. Dan biasanya, sesuatu yang in di sana menjalar sampai ke Indonesia. Menyulap ruang-ruang kediaman kita menjadi lebih lega dan cantik.
Wright lalu memulai firmanya sendiri tahun 1893 di studio yang dibangun di atas rumahnya di Oak Park, Chicago. Antara tahun 1893 sampai 1901 itu, 49 karya desain Wright dibangun. Selama periode ini, ia mulai mengembangkan konsep “Prairie House“-nya. Sampai tahun 1909, ia memperhalus gaya prairie ini. Tak lama kemudian Wright bahkan mendirikan sekolah arsitektur “prairie“. Masa awal produktif Wright ini dicatat sebagai bagian dari sejarah gerakan seni dan kriya.
Kantor Barat Taliesin
Kantor Barat Taliesin
Auditorium Taliesin
Auditorium Taliesin
Tahun 1932 di Taliesin, Wright mendirikan komunitas unik terdiri 30 siswa magang yang datang untuk hidup dan belajar dibawah bimbingan Mr. Wright. Dengan bantuan para magang yang membantu dalam detail desain dan supervisi tapak ini, hasil pekerjaan Wright menjadi lebih banyak dan terorganisir.
Wright kawin tiga kali dan memiliki beberapa anak. Wright tak pernah pensiun sampai wafatnya 9 April 1959 di Arizona.
PRINSIP ADIKARYA WRIGHT
Selama 91 tahun kehidupannya, arsitek pemuja Tuhan dan alam ini telah menghasilkan banyak karya masterpiece dari sketsa-sketsa tangannya yang indah. Wright mengekpos konsep arsitektur organik serta melahirkan gaya kediaman Prairie dan Usonian. Kebanyakan desain Frank Lloyd Wright, mengambil turunan bentuk persegi.
Berapa gaya yang diterapkan pada rancangan Wright adalah Shingle-style ( Frank Lloyd Wright Home and Studio, Unity Chapel ), Chicago School ( Charnley Residence ), Prairie Style ( Robie House, Wingspread), blok beton Western ( Millard, Arizona Biltmore Hotel ), Usonian (Turkel House), arsitektur plastis dan organik ( Guggenheim Museum ).
Museum Guggenheim
Museum Guggenheim

Interior GuggenheimInterior Guggenheim
Arsitektur organik adalah sebuah konsep arsitektur dimana ruang dan bentuk dipadukan. Ruang menjadi pusat pemikiran Wright sejak awal perancangan, dipandang sebagai media dari berbagai intensitas kegiatan, mempunyai karakter psikologis, nilai dan bertujuan mengangkat harkat aktivitas manusia. Museum Guggenheim merupakan contoh sempurna dari filsafat organik Wright, dimana denah, potongan dan pandangan dari luar secara bersamaan menyatu secara meyakinkan dalam bentuk tiga dimensi dan ruang, diwujudkan dalam konstruksi beton spiral.
Bangunan yang didesain Wright antara lain ; gedung pencakar langit Price Tower, Larkin Building dan Midway Gardens. Sisanya, kebanyakan rumah tunggal mulai dari rumah-rumah kecil untuk keluarga menengah ( Hagan House, Moe House, Wynant House, Hollyhock House, Isadore Zimmerman House, dll ) sampai mansion untuk Henry Ford. Karya lainnya, meliputi rumah ibadah ( Unity Temple, Unitarian Meeting House ), resor, kantor pemerintah, bank, sekolah, pompa bensin ( Lindholm Station ), air mancur, jembatan, kincir angin dll, membuktikan keragaman talenta yang dimiliki Wright.
Dalam beberapa cara, Wright tampaknya dipengaruhi seni Jepang. Seni Jepang “lebih membumi . . . daripada peradaban Eropa yang masih hidup maupun yang sudah mati,” aku Wright yang gemar mengoleksi cetakan seni Jepang.
Karya Wright yang dibangun dan baru selesai sepeninggalnya adalah Marine County Civic Center di San Raphael, California ( 1957-1966 ). Selain terakhir, karya ini juga salah satu karya terbesar Wright yang disetujui melalui proses resmi yang cukup panjang, termasuk dengar pendapat dengan masyarakat setempat. Namun dari sekian karya Wright, rumah Fallingwater yang didesain Wright tahun 1936-lah, yang paling populer. Taliesin Associated Architects, sekolah yang didirikan Wright, dan Frank Lloyd Wright Foundation menjadi warisan hidup arsitek besar ini.
Fallingwater musim salju
Fallingwater musim salju
Karya-karya Wright mengikuti prinsip, bahwa bentuk baru berarti jika punya kejelasan prinsip. Prinsip Wright, arsitektur merupakan penghubung antara manusia dengan lingkungannya. Dalam ceramah terakhir di London, Wright berkata, “.. ketahanan karya arsitektural, tergantung sifat dasar manusia dan keadaannya dimana keduanya berubah”. Sebuah pandangan aristektur organik. Arsitektur organik Wright adalah awal radikalisme terhadap arsitektur tradisional pada masanya, yang didominasi gaya Eropa. Arsitektur menurut Wright adalah semangat kreativitas hidup yang besar, yang berlangsung dari generasi ke generasi, dari umur ke umur, berlangsung lama, mengikuti kehendak alam dan manusia serta pengaruhnya saat mereka berubah.
PESAN TERAKHIR
Sketsa Monumen Harun al-Rasyid
Sketsa Monumen Harun al-Rasyid

Sketsa F.L.Wright
Sketsa F.L.Wright
Sketsa Kios, Irak
Sketsa Kios, Irak
Waktu merancang sejumlah proyek di Irak yang ia dedikasikan bagi arsitek Sumeria, Isin, Larsa dan Babylon, Wright pernah berkata, “Sekarang, saya mengerjakan pusat budaya dimana peradaban ditemukan, yaitu Irak. Sebelum Irak dihancurkan, negeri ini adalah sebuah kota bundar yang indah yang dibangun oleh Harun al Rashid. Namun orang-orang Mongolia datang dari utara dan menghancurkannya. Penduduk yang tersisa di kota itu kini menemukan minyak, lalu mereka punya uang yang sangat banyak untuk mengembalikan kota Harun al Rashid, hari ini. Mungkin mereka tak dapat mengerjakannya, karena banyak arsitek Barat di sana telah membangun pencakar langit di seluruh tempat, sehingga mereka akan berhadapan dengan kerusakan yang tengah melanda kota-kota Barat modern saat ini. Jadi penting bagi saya di sana, untuk mencoba membuat mereka mengerti, betapa bodohnya menggabungkan prosesi Barat ke dalam kota mereka.”
Maret 2003, Irak dibombadir lagi hingga lebur dan semrawut. Negeri seribu satu malam ini menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia, hingga hari ini. Entah kapan bisa dibangun kembali. Semoga di sana juga di sini, negeri kita tercinta, bisa lahir arsitek-arsitek sekaliber Wright, yang bisa menunjukkan cara baru pada orang senegerinya, bagaimana membangun rumah yang bagus, sekaligus membuat mereka melihat dunia di sekeliling mereka. Menciptakan ruang paling intim dan monumental khas negeri sendiri. Pandangan Wright tentang ruang arsitektur, posisi arsitektur dalam seni, ornamen, tapak, filosofi dan kehidupan, mestinya menginspirasi generasi arsitek kita untuk melakukan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar