Senin, 05 Juli 2010

SIMBOLISME (definisi)

SIMBOLISME (definisi)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:
Simbol (kata benda)    : lambang
Simbolik (adjektif)      : sebagai lambang, menjadi lambang, mengetahui lambang.
Simbolisme                  : perihal pemakaian simbol (lambang) untuk mengekspresikan ide-ide.
Menurut Kamus Webster :
Symbol :
  • simbol merupakan sebuah obyek yang berfungsi sebagai sarana untuk mempresentasikan sesuatu hal yang bersifat abstrak, misalnya burung merpati sebagai simbol kedamaian.
  • simbol merupakan sebuah tanda, isi yang singkat, menyertai sifat sebuah obyek, proses berkualitas, kuantitas, memenuhi muatan- muatan tertentu misalnya simbol pada konteks bidang musik, kimia, matematik dan lain-lain.
Symbolic :
  • of or expressed is a symbol as simbols
  • that serves as a symbol (of something)
  • using symbolism
Symbolism :
  • the representation of things by use of symbols, especially an art or literature 
  • a system symbols 
  • symbolic meaning
Menurut P. Gauguin and O Redon, Ensiklopedia VI hal. 3178 :
Simbolisme adalah gerakan baru dalam seni. Dalam hal ini seni lukis sebagai reaksi terhadap gerakan naturalisme, dimana gerakan naturalis mengutamakan gerakan yang sewajarnya atau sesuai dengan hal-hal yang nyata. Seseorang tidak usah melukiskan kenyataan secara seksama (naturalis) dan setiap warna, bentuk, maupun garis tetapi dapat menimbulkan berbagai perasaan atau makna simbolis.
Menurut Charles Sanders Peirce (Teori Trikonomi Semiotika Arsitektural):
Simbol merupakan tanda yang hadir karena mempunyai hubungan yang sudah disepakati bersama atau sudah memiliki perjanjian (arbitrary relation) antara penanda dan petanda.
Dalam Meaning and Behavior in the Built Environment, Charles membagi sign menjadi 3, yaitu :
  • Iconic sign. Sign yang mengingatkan kita pada obyeknya melalui beberapa macam persamaan yang kompleks.Contoh : stan yang menjual hot dog mempunyai bentuk seperti hot dog. 
  • Indexial sign. Sign yang menunjukkan pada obyak tertentu dalam hal fisik, maknanya dapat dibaca tanpa symbol pengetahuan budaya. Terdapat hubungan yang eksis antara signifier (symbol) denngan signified (konsep).Contoh : jendela berarti mempunyai fungsi untuk melihat view. 
  • Symbol. Sign yang dipelajari sebagai makna sesuatu dalam konteks budaya tertentu. 
Sedangkan  dalam Sign, Symbol and Architecture, Charles Sanders Peirce menjelaskan :Symbol adalah suatu tanda atau gambar yang mengingatkan kita kepada penyerupaan benda yang kompleks yang diartikan sebagai sesuatu yang dipelajari dalam konteks budaya yang lebih spesifik atau lebih khusus.
Menurut DR. Ir. Galih Widjil Pangarsa Arsitektur Simbolisme merupakan arsitektur yang sekedar mengejar kenikmatan panggung status sosial dengan menempelkan simbol-simbol baru pada zamannya dimana tidak jarang merupakan kegiatan plagiatisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar