Senin, 06 September 2010

Muhammad Cheng Hoo, Masjid Dengan Arsitektur Cina

Liburan kemarin saya melewati Jalan Pandaan – Surabaya, atau lebih sering disebut dengan Jalan Kasri, mata saya tertuju pada sebuah bangunan unik khas Tiongkok. Saya pun memutuskan untuk berhenti dan mengabadikan gambarnya.



Pertama kalinya saya mengira bangunan tersebut adalah sebuah pagoda (bukan permen lho), klentheng, atau semacamnya, namun setelah saya berada di depan bangunan tersebut dan mengamatinya, ternyata bangunan tersebut adalah sebuah Masjid.

Masjid Muhammad Cheng Hoo namanya. Masjid ini dibangun atas prakarsa dari PEMDA Pasuruan, dan telah diresmikan pada tanggal 27 Juni 2008. Pemberian nama “Cheng Hoo” pada masjid ini bertujuan untuk menghormati Laksamana Cheng Hoo, seorang Laksamana dari Cina yang telah berjasa dalam upaya penyebaran Agama Islam di Jawa.

Tidak jauh berbeda dengan yang berada di Surabaya, Masjid ini sangat kental dengan nuansa Tiongkok lama. Tiap bagian dari bangunannya sudah mencerminkan kalau itu adalah bangunan yang berarsitektur cina, dari atapnya, jendela-jendelanya, pintunya dan tulisan-tulisan cina yang tertulis di pilar bangunan.

Berikut beberapa gambar detail bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo yang sempat saya abadikan:


Spoiler for 1








Tidak ada komentar:

Posting Komentar