Jumat, 20 Juni 2014

Jangan Tanyakan Apa yang Dapat Negara Perbuat Kepada Kita, Tanyakan Apa yang Dapat Kita Perbuat kepada Negara

Aku ini bukan tipe orang yang suka menuntut Pemerintah terlalu banyak agar memenuhi kewajibannya sebagai pembantu masyarakat. Mohon maaf saja, tapi Aku pikir orang-orang yang sukanya hanya menuntut para pelayan masyarakat ini untuk mengerjakan sesuatu dengan sangat maksimal dan sempurna juga tidak selalu bisa disebut sebagai pembela masyarakat yang baik jika sikap mereka masih saja seperti sedang meremehkan kerja orang lain. Penting untuk disadari bahwa Pemerintah juga manusia. Walau bagaimanapun juga mereka bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan kita, mereka tetap saja seorang manusia yang juga ingin punya waktu dan kesempatan yang sama untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.
Tapi… itu juga bukan berarti bahwa kita tidak perlu untuk melakukan penuntutan jika kita sadar bahwa kerja Pemerintah saat itu tidak memuaskan. Aku hanya ingin mengatakan bahwa, jika memang kita sudah tidak percaya lagi dengan kerja Pemerintah, mengapa kita tidak mencoba untuk melakukan semuanya sendiri? Bukankah kita masih punya dua tangan dan dua kaki yang bisa digunakan untuk melakukan sesuatu?
Ambillah satu contoh sederhana. Anda mengeluh, “Pemerintah tidak bekerja secara maksimal, buktinya mereka masih saja gagal mengentaskan kemiskinan di negara kita!”
Lalu apa yang sudah Anda lakukan untuk membantu kerja mereka? Anda merasa bahwa kemiskinan masih marajelela di negara kita, lalu apa yang sudah Anda lakukan untuk orang-orang miskin di sekitar Anda? Kalau selama ini Anda ternyata juga tidak pernah melakukan apa-apa untuk mereka, lebih baik jangan berkomentar banyak-banyak soal kerja Pemerintah! Hanya orang-orang yang sudah ikut berkontribusi dengan perkembangan negara saja yang boleh ikut berkomentar soal baik-buruknya kerja Pemerintah.
Mengenai peranku sebagai seorang masyarakat dan sebagai bagian dari sebuah negara, Aku selalu berprinsip pada hal ini: “Jangan tanyakan apa yang sudah negara berikan kepada kita. Tapi tanyakanlah pada diri kita, apa yang bisa kita berikan pada negeri dan bangsa ini”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar